pasang
Cara Agar Facebook Tidak Di Hack

Bagi pengguna Facebook sangat disarankan untuk memeriksa pengaturan privasi di akun facebook mereka, setelah seorang Insinyur perangkat lunak menemukan cara baru bagaimana para Hacker mencuri data pengguna akun facebook dengan cara menebak nomor ponsel yang terkait dengan akun facebook yang ingin mereka retas.

Seorang Insinyur perangkat lunak yang bernama Reza Moaiandin membeberkan cara untuk memperoleh nama, lokasi, dan foto profil pengguna facebook dengan cara memanfaatkan pengaturan privasi mereka dan tragisnya hal ini dapat di lakukan oleh siapa pun dengan cara mengetik nomor ponsel yang terkait dengan akun facebook ke dalam kotak pencarian facebook.

Pada pengaturan privasi di facebook, terdapat berbagai macam pilihan. Salah satunya adalah pengaturan privasi yang bernama ‘Who can look me up? / Siapa yang bisa melihat saya’ yang diklaim oleh Reza sebagai salah satu penyebabnya karena Pengaturan ini dapat mengizinkan semua orang di facebook untuk mencari anda.

Dikutip dari liputan6.com, Reza Moaiandin mengklaim menggunakan algoritma yang sederhana untuk mengumpulkan ribuan nomor ponsel di Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat. Setelah nomor ponsel dikumpulkan, ia memanfaatkan Application Programming Interface (API) untuk mengetahui nomor ponsel mana yang terkait dengan akun Facebook.

Setelah akun facebook yang ia kumpulkan diidentifikasi, Moaiandin mampu memanen berbagai macam informasi dari profil para pengguna akun facebook yang menjadi targetnya. Meskipun menurutnya tidak semua informasi yang dia dapatkan spesifik, dia mengatakan fitur yang ada di facebook yang digunakan untuk menghubungkan nomor ponsel dengan akun facebook berpeluang besar untuk disalahgunakan.

“Apabila hal ini tidak diperbaiki, Ini bisa menjadi sebuah masalah phishing yang besar karena hal ini tidak ada batasan, dan celah tersebut dapat ditemukan oleh siapa pun dan juga bisa digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab,” tulisnya dalam sebuah blog, sebagaimana dilansir Telegraph.

“Tragisnya, sekitar 1,44 miliar orang saat ini menggunakan media sosial Facebook, data data pengguna Facebook tersebut dapat dengan mudah dicuri lalu dijual di pasar gelap oleh hacker dengan cara mengakses akun Facebook anda dan nomor ponsel yang hanya membutuhkan satu jam melalui reverse engineering,” papar Moaiandin.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini adalah cara mencegah para hacker yang berniat mencuri akun Facebook anda dengan celah nomor ponsel ini.

– Klik ikon `panah ke bawah` Yang berada di sudut kanan atas taskbar Facebook
– Pilih ‘Settings / Pengaturan'
– Pilih 'Privacy / Privasi’ Yang ada di menu di sebelah kiri
– Klik `Who can look you up using the phone number you provided? / Siapa yang bisa mencari saya menggunakan nomor ponsel yang saya sediakan`
– Lalu klik `Edit` dan pilih `Friends / Teman`